Cara menjaga semangat ketika Anda lupa makan sahur

karena begadang semalaman, mungkin terlambat bangun ke sahur pagi ini. Atau Anda yang tinggal di masa pensiun lupa memasang alarm agar Anda kehilangan sahur. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat melanjutkan puasa hari itu. Menurut para ahli, masih banyak cara untuk menjaga semangat Anda sepanjang hari ketika Anda lupa makan sahur. Perhatikan delapan saran berikut, ya!

Cara menjaga semangat ketika Anda lupa makan sahur


1. Cari sinar matahari atau nyalakan lampu

kebiasaan gaya hidup sehat

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya yang kuat, terutama sinar matahari, bertindak sebagai sinyal alami agar tubuh tetap terjaga. Ini karena tubuh Anda bekerja dengan mengikuti jam biologis (ritme sirkadian), yang diatur oleh cahaya.

Untuk membuat Anda merasa penuh energi sepanjang hari, buka tirai di rumah. Jika Anda berada di kampus atau di kantor, duduklah di dekat jendela tempat matahari masuk. Jika cuaca mendung, nyalakan lampu yang cukup terang.
2. Mandi air dingin

mandi terlalu lama

Sebuah studi di Inggris dalam jurnal Behavioral and Brain Function melaporkan bahwa hanya tiga menit mandi air dingin dapat mengatasi kelemahan dan kelesuan. Tenang, Anda tidak perlu mandi dengan air es, tidak seperti sebelumnya. Air pada suhu sekitar 20 derajat Celcius sudah cukup untuk membuat tubuh dan pikiran lebih segar. Jika Anda mulai merasa lesu di sore atau malam hari, basuh wajah Anda dengan air dingin.
3. Selingi bekerja dengan aktivitas fisik

berat setelah lebaran

Antusiasme Anda akan cepat hilang jika Anda melakukannya selama berjam-jam tanpa gangguan. Jadi, setelah bekerja di depan layar komputer selama satu setengah jam, misalnya, diselingi dengan aktivitas fisik ringan seperti berjalan di sekitar meja atau di gedung kantor.

Penelitian dari University of Georgia menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat membuat Anda merasa lebih kuat karena aliran darah menjadi lebih lancar. Selanjutnya, olahraga ringan juga mampu mengusir rasa lapar karena Anda lupa makan sahur.
4. Tidur siang

tidur siang saat puasa

Jika Anda memiliki cukup aktivitas, bahkan jika Anda lupa makan fajar saat fajar, Anda dapat memulihkan energi dan konsentrasi Anda dengan tidur siang singkat. Para ahli memperingatkan agar tidak tidur siang selama lebih dari 25 menit.

Beranjak dari ini, jam biologis tubuh menjadi kacau sehingga menjadi malas. Kali ini jangan lupa untuk memasang alarm agar Anda tidak tidur terlalu banyak!
5. Regangkan

peregangan untuk sakit leher

Duduk di belakang layar komputer atau di ruang kelas sepanjang hari akan membuat Anda malas dan diam. Jadi sedikit peregangan di kursi bisa menjadi penyelamat. Rentangkan seolah-olah Anda memutar tubuh bagian atas ke kiri dan ke kanan, memutar pergelangan kaki dan meluruskan tangan.
6. Dengarkan lagu-lagunya

cincin musik timpani

Di sore dan malam hari, perut Anda mungkin berisik dan Anda merasa sangat lapar. Untuk menghilangkan rasa lapar, dengarkan lagu favorit Anda dan jangan lupa bernyanyi. Penelitian dalam Journal of Music Therapy menunjukkan bahwa musik membantu pikiran menjadi lebih waspada dan segar dan membuat tubuh lebih kuat.
7. Cari kegiatan yang menyenangkan

kiat bekerja dengan lebih banyak gairah

Pada jam-jam yang rawan kelaparan, cobalah melakukan aktivitas yang Anda sukai. Jadi, atur hari Anda secara strategis. Misalnya, pada jam dua siang Anda merencanakan pertemuan dengan rekan kerja. Jadi, pada saat itu Anda tidak perlu duduk diam di depan layar komputer sambil membayangkan menu cepat yang mengguncang lidah Anda. Kuncinya adalah mengalihkan perhatian!
8. Pilih makanan sehat untuk istirahat cepat

menu takjil buka puasa untuk diet

Saat waktunya berbuka puasa, pilih menu sehat dan mudah dicerna. Karena Anda belum makan apa pun sejak kemarin. Disiapkan dengan buah segar yang kaya fruktosa.

Di dalam tubuh, fruktosa akan diubah menjadi gula dan karenanya menjadi energi. Ini bisa menggantikan energi dan resistensi yang hilang sepanjang hari. Hindari makanan yang kurang sehat dan sulit dicerna oleh tubuh, seperti makanan yang digoreng atau makanan pedas.

Baca juga :

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *