Pentingnya Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

alfurqon.co.id – Paru-paru adalah bagian dari organ tubuh yang menyebabkan pernapasan atau pertukaran oksigen di udara yang memasuki darah dan karbon dioksida yang dilepaskan melalui mulut atau hidung. Setelah pentingnya bagian tubuh ini untuk sistem pernapasan ditetapkan dan tetap dalam kondisi baik dan sehat, itu akan selalu berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan memburuknya kualitas udara saat ini, terutama di daerah perkotaan dengan berbagai polutan, baik knalpot bermotor dan knalpot pabrik, ini tentu saja tidak terlalu baik untuk saluran udara kita, terutama paru-paru.

Saran berikut dapat digunakan untuk menjaga kesehatan paru-paru:

Biasakan menghirup udara melalui hidung Anda. Hidung telah dilengkapi dengan saringan atau saringan dalam bentuk rambut halus, yang sangat berguna untuk menyaring udara yang masuk ke dalam tubuh. Jika kotoran, seperti partikel debu, ada di udara yang dihirup, itu disimpan di rambut dan disimpan di hidung dengan cairan yang tidak menembus saluran pernapasan. Sedimen ini disebut Booger.
Merangkak di lantai selama kegiatan seperti membaca buku, menulis atau menggunakan laptop adalah kebiasaan buruk bagi paru-paru. Posisi yang dimaksud meregang dengan payudara di bawahnya. Jika dilakukan sering, itu dapat menyebabkan gangguan pernapasan termasuk paru-paru. Pada posisi ini, kondisi paru-paru ditekan atau dikompresi oleh beban pada tubuh, sehingga saluran paru tidak dapat secara optimal menyerap udara. Bahkan 25% saluran tidak dapat diberi oksigen, membuat 75% saluran lainnya berat. Ini dapat menyebabkan bronkitis dan pneumonia.

Hindari bau asap. Asap adalah suatu bentuk udara dengan partikel udara yang mengikat zat lain seperti partikel, karbon, nitrogen, bakteri, virus, dll. Misalnya, uap kendaraan adalah udara karbon dari pembakaran mobil. Jika mereka terhirup dan memasuki paru-paru, ini dapat menyebabkan penurunan fungsi organ paru-paru.
Perbanyak menghirup udara segar dan udara bersih yang bisa kita temukan di pagi hari. Atau dapat juga diperoleh di daerah tanpa polusi, misalnya di daerah pegunungan atau di daerah yang rimbun dengan pepohonan yang banyak mengandung oksigen dan udara bersih. Ambil jadwal rutin sekali atau dua kali sebulan untuk meluangkan waktu untuk menuju area yang segar, udara bersih.
Hindari rokok. Menghindarinya mencegah kemungkinan terserang penyakit akibat merokok. Meringankan hidup tanpa asap rokok membuat saluran udara kita lebih bersih dan sehat.

Hindari makanan dan minuman yang mengandung soda. Konten tersebut tidak baik untuk kesehatan paru-paru. Termasuk semua jenis minuman berkarbonasi sangat tidak baik untuk paru-paru.
Faktor emosional juga harus dilestarikan. Situasi sulit dan sikap emosional dapat memengaruhi pernapasan kita. Biasanya napas menjadi pendek, tidak teratur, bahkan pendek. Seseorang yang memiliki sikap sabar biasanya memiliki paru-paru yang lebih baik.

Paru-paru adalah organ sistem pernapasan yang terkait dengan sistem peredaran darah. Manusia memiliki dua paru-paru, paru-paru kiri dan kanan. Paru-paru kiri memiliki dua lobus, sehingga lebih kecil dari paru-paru kanan, yang memiliki tiga lobus.

Paru-paru yang sehat mampu mengoksigenasi darah dalam jumlah banyak, sehingga memiliki efek positif pada tubuh ketika mampu bekerja dengan baik dan melakukan aktivitas. Paru-paru adalah organ yang memainkan peran penting dalam sistem pernapasan manusia. Ketika sesuatu terjadi pada paru-paru, atau kerusakan fungsi organ ini, itu dapat mengurangi aliran oksigen dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyakit paru-paru lainnya. Tentu saja, satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah tidak merokok.

Selain itu, ada 5 cara lain untuk menjaga kesehatan paru-paru:

1. Konsumsi antioksidan

Untuk menjaga kesehatan paru-paru, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah secara teratur, terutama yang kaya akan vitamin C. Dipercaya bahwa buah-buahan ini dapat melindungi paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidan.

2. Lakukan olahraga secara teratur

Bagi sebagian orang, olahraga adalah hal yang sulit. Meskipun latihan fisik dilakukan secara teratur, ada banyak manfaat yang bisa dicapai. Karena itu, mulailah secara bertahap dengan pelatihan. Setidaknya 3 kali seminggu, dimulai dengan latihan ringan seperti berlari atau jogging.

3. Jauhkan dari asap rokok

Seseorang yang bukan perokok tetapi menghirup asap rokok memiliki risiko yang sama dengan perokok. Beberapa tindakan untuk menghindari perokok pasif dapat diambil untuk melarang perokok merokok di dalam ruangan, di dalam mobil atau di tempat kerja.

4. Tingkatkan udara di dalam ruangan

Cara lain untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah memastikan cukup udara masuk ke rumah. Anda dapat membuka jendela saat membersihkan perabot rumah atau pekerjaan pembersihan lainnya.

5. Pencegahan polusi

Dalam kegiatan sehari-hari Anda harus menghindari paparan polusi lingkungan seperti debu, asap, abu, dll. Polusi udara dalam dan luar ruangan dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama bagi penderita penyakit paru-paru. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi udara tetap bersih:

lingkungan eksternal

Jangan menyalakan mesin jika Anda tidak menggunakannya.
Jangan gunakan pestisida dan bahan kimia lainnya di halaman dan di kebun.
Gunakan topeng saat mengendarai sepeda motor.

iklim internal

Bersihkan peralatan secara teratur.
Pastikan lantai, kamar mandi, dan dapur bersih.
Jaga sofa, kasur, dan bantal dari debu.
Jaga sirkulasi udara di dalam ruangan.

Berikut ini beberapa langkah untuk menjaga kesehatan paru-paru. Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter Anda secara teratur tentang kondisi paru-paru dan organ lainnya.

Baca Artikel Lainnya:

Fungsi Tulang Pada Manusia Secara Umum

Apk 3.10.1 – Unduh APK Untuk Android

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *